Seminar Nasional, Pelantikan Pengurus APPTNU Periode 2023-2026 dan Bedah Buku “Kiai dan Politisi” Karya Soraya Dimyathi

Pada Hari Kamis, 20 Juli 2023 dilaksanakan kegiatan Seminar Nasional, Pelantikan Pengurus APPTNU Periode 2023-2026 dan Bedah Buku “Kiai dan Politisi “ di Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum (Unipdu) Jombang. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Perpustakaan Unipdu dengan APPTNU (Asosisasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Nahdhlatul ‘Ulama). Tema dari Seminar Nasional pada kegiatan ini adalah “ Transformasi Perpustakaan dalam Ekosistem Digital Solusi di Era Teknologi 5.0” dengan Narasumber Ibu Dr. Anisa Listiana, M.Ag, beliau adalah salah satu pembina APPTNU sekaligus dosen IAIN Kudus, sedangkan tema dari kegiatan Bedah Buku yang berjudul Kiai dan Politisi  adalah “ Meneladani Perjuangan Ulama NU KH. Muh. As’ad Umar” dengan narasumber I Neng Soraya Dimyathi (penulis) dan narasumber 2 Bapak Drs. KH. M. Za’imuddin Wijaya As’ad, MS (Ketua Yapetidu, ketua Aptisi dan Putra Pertama dari KH. Muh. As’ad Umar).

Dalam kegiatan ini diawali dengan proses pembukaan oleh ketua Yayasan Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum (Bapak Drs. KH.M. Za’imuddin Wijaya As’ad, MS) dan do’a dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Bapak Dr. Mujanto Sholichin, M.PdI). Dalam sambutan pembukaan Bapak ketua yayasan menyampaikan terimakasih atas kepercayaan APPTNU kepada Unipdu bisa ditempati untuk kegiatan ini dan beliau sangat mendukung dengan apa yang disampaikan ketua APPTNU (Ibu Yeni Ftria Nurrahman, S.IIP) pada sambutan awal yaitu untuk mengajak dan meningkatkan kemampuan digital library di lingkungan PTNU. Gus Zuem (panggilan sapaan Bapak ketua yayasan) menyampaikan bahwa tingkat literasi bangsa indonesia saat ini berada di urutan ke 62 dari 70 negara yang di survey, artinya mendekati rendah, sementara di sisi lain untuk penggunaan internet, negara kita masuk di urutan ke 5, artinya bahwa tingkat penggunaan internet di indonesia lebih tinggi dibanding dengan tingkat literasi (membaca dan menulis). Maka dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa menumbuhkan minat baca bagi masyarakat dalam hal ini adalah civitas akademika agar lebih mengoptimalkan layanan dan fasilitas yang ada di perpustakaan. Kegiatan ini dihadiri sekitar 120 peserta baik seminar maupun bedah buku.

Seminar Nasional dan Pelantikan Pengurus APPTNU dilaksanakan secara Hybrid di Meeting Room 1 Kampus Utama Unipdu yang dihadiri sekitar 50 peserta secara offline dari pengurus APPTNU dan anggota, kemudian anggota APPTNU yang lainnya mengikuti secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan bedah Buku dilaksanakan di Meeting Room 2 Kampus utama yang dihadiri sekitar 70 peserta yang terdiri dari pimpinan fakultas maupun program studi di Unipdu, mahasiswa/i Unipdu serta siswa/i SMA/SMK/MA se Darul ‘Ulum.

Proses Pelantikan Pengurus APPTNU Periode 2023-2026 oleh wakil ketua LPTNU (Bapak Dr. Faishal Aminudin, S.S.,M.Si) didampingi Rektor Unipdu (Bapak Dr.dr. H.M. Zulfikar As’ad,MMR) berjalan khidmat, baik dan lancar. Sambutan yang penuh semangat juga disampaikan oleh Rektor Unipdu Jombang, Dr. dr. H. M. Zulfikar As’ad MMR. Beliau menekankan pentingnya peran APPTNU sebagai wadah bagi perpustakaan dan para pustakawan di bawah naungan Lembaga Nahdlatul Ulama. Rektor Unipdu berharap melalui kolaborasi dan optimalisasi jaringan, APPTNU dapat menjadi pilar dalam kemajuan institusi dan sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Dengan support, dukungan dan motivasi dari pimpinan dan ketua LPTNU alhamdulillah, semua pengurus APPTNU yang berjumlah 20 orang dari berbagai lembaga PTNU di Indonesia semangat untuk maju bersama-sama dalam mewujudkan dan meningkatkan layanan perpustakaan di era teknologi digital.



Leave a Reply