Kepala Prodi Hukum Keluarga FAI Unipdu Jombang Jelaskan Perbanyak Motivasi Baca Quran

Anggi Fridianto

– Selasa, 2 April 2024 | 06:55 WIB

 

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendorong agar kita dan keluarga suka baca Alquran. Salah satunya dengan memperbanyak motivasi.

’’Fadilah atau keutamaan surat-surat Alquran  bisa dijadikan motivasi agar kita semangat baca Alquran,’’ kata Kepala Prodi Hukum Keluarga FAI Unipdu,  Dr Moh Makmun, saat menyampaikan materi pada kajian Ramadan di Islamic Center Unipdu, Minggu (31/3).

Misalnya, fadilah QS Alwaqiah untuk melancarkan rezeki. QS Almulk agar terhindar dari siksa kubur. QS Yasin agar dimudahkan segala urusan.

’’Setiap hari membaca tiga surat itu dengan motivasi tersebut tidak apa-apa,’’ ungkapnya.

Syukur ditambah QS Albaqarah dan QS Ali Imran. Rasulullah Muhammad sallallahu alaihi wa sallam bersabda; Pelajarilah surat Albaqarah dan surat Ali Imran, sesungguhnya kedua surat tersebut adalah zahrawani (dua surat yang bercahaya).

Menaungi pemiliknya kelak di hari kiamat, seakan-akan seperti dua gumpalan awan atau dua buah naungan atau dua kelompok besar burung-burung yang terbang berbaris menaungi pembacanya.

’’Motivasi menghafal Alquran agar menjadi keluarga Allah SWT dan orang-orang khususNya juga boleh,’’ terangnya. Rasulullah bersabda; Ahli Quran adalah keluarga Allah SWT dan orang-orang khususNya.

Menghafal Quran agar orang tua kita dimuliakan juga boleh. Rasulullah bersabda; Siapa yang menghafal Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah SWT akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari.

Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia.  (jif/naz/ang)

 

Editor : Anggi Fridianto

Sumber : Jawapos Radar Jombang

Link : https://radarjombang.jawapos.com/kota-santri/664505371/kepala-prodi-hukum-keluarga-fai-unipdu-jombang-jelaskan-perbanyak-motivasi-baca-quran



Leave a Reply