Peringatan Hari Buku Nasional

Buku merupakan sumber Ilmu bagi siapa saja yang membacanya. Dengan membaca buku kita bisa menambah wawasan terutama dalam dunia pendidikan. Seorang pelajar yang gemar membaca buku maka dirinya telah membuka wawasan sehingga mempunyai banyak pengalaman dan ilmu yang diperoleh  dapat direalisasikan dalam hidupnya baik untuk bermasyarakat maupun dalam menunjang masa depannya.

Hari Buku Nasional dirayakan setiap tanggal 17 Mei yang dicetuskan pertama kali oleh Abdul Malik Fadjar yang merupakan menteri pendidikan nasional pada kabinet gotong royong. Tujuan dicetuskannya hari buku nasional adalah menumbuhkan minat baca dan literasi masyarakat indonesia.

Perpustakaan merupakan sistem informasi yang didalamnya terdapat aktifitas pengumpulan,pengolahan,perawatan,pelestarian dan penyebaran informasi. Perpustakaan yang ada dan berkembang saat ini telah digunakan sebagai salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi, pelestarian bahan pustaka serta memberikan berbagai layanan jasa lainnya.

Perpustakan Unipdu terus berusaha untuk mengembangkan pelayanannya kepada civitas akademika baik dalam infomasi IT maupun pemanfaatan koleksi-koleksi yang ada, salah satu bentuk dari pengembangan pelayanan di perpustakaan adalah dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat menarik perhatian civitas akademika sehingga mereka tertarik untuk mengunjungi perpustakaan dan memanfaatkan fasilitas yang ada. Disamping itu kegiatan ini juga dapat mengasah kemampuan civitas akademika dalam hal menulis dan membaca buku. Peringatan Hari Buku Nasional 2024 adalah salah satu moment yang penting untuk diketahui oleh civitas akademika oleh sebab itu Perpustakaan bekerjasama dengan Prodi Pendidikan Agama Islam Unipdu dan juga penerbit Al Qolam Surabaya mengadakan kegiatan untuk memperingati Hari Buku Nasional ini dengan harapan bisa membawa pengaruh positif kepada civitas akademika akan budaya buku, membaca dan menulis, dan bisa menjadi motivasi kita semua (civitas akademika) untuk lebih gemar membaca buku karena dengan membaca buku pengetahuan dan wawasan kita lebih luas.

 

Ada 2 kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati dhari Buku Nasional, yaitu :

  1. Bazaar Buku dengan tema Tingkatkan semangat Membaca di kalangan generasi muda untuk menginspirasi semangat belajar dan berkembangMembaca Buku tidak bisa digantikan dengan yang lain
  2. Sharing Session dengan tema “Membuka Wawasan Melalui Buku : Sesi Berbagi dengan Penulis”

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan : 1) untuk memberikan apresiasi kepada para penulis buku, 2) untuk mengembangkan pelayanan di perpustakaan, 3) untuk meningkatkan promosi perpustakaan



Leave a Reply