Kuliah Umum

“Peningkatan Literasi Data di Lingkungan Perguruan Tinggi”

 

Pada Hari Sabtu, 23 Maret 2024 telah diselenggarakan kegiatan Kuliah Umum dengan tema “Peningkatan Literasi Data di Lingkungan Perguruan Tinggi” bertempat di Meeting Room 1 Kampus Utama. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Unipdu Jombang dengan BPS (Badan Pusat Statistik) Kabupaten Jombang sebagai tindaklanjut Mou yang sudah dilaksanakan antara Unipdu dengan BPS dan hadirnya Pojok Statistik yang bertempat di Perpustakaan Unipdu. Kegiatan Kuliah Umum ini di buka oleh Rektor Unipdu (Bapak Dr.dr.H.M. Zulfikar As’ad,MMR) dan kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Jombang (Bapak Ir. Muhammad Farikhin, M.Si) yang dihadiri oleh seluruh pimpinan fakultas, prodi dan dosen pengampu mata kuliah yang terkait.

Dalam sambutannya Bapak Rektor menyampaikan bahwa Unipdu sudah menjalin kerjasama sangat baik dengan BPS Kabupaten Jombang, dan Unipdu merupakan kampus pertama kali di lingkungan Jombang dan sekitarnya yang mendapatkan fasilitas pojok statistik ini. Beliau menekankan kepada civitas akademika bahwa pemahaman statistik merupakan keharusan, ilmu statistik sangat penting untuk dipelajari oleh semua mahasiswa, saat sedang mengerjakan skripsi juga menggunakan ilmu statistik. Bapak Rektor juga menyinggung tentang penggunaan ilmu statistik di quick count yang baru-baru ini dilakukan pada saat pemilu 2024

 

Dalam Sambutannya, kepala BPS Kabupaten Jombang (Bapak Ir. Muhammad Farikhin, M.Si) memperkenalkan tentang BPS, melakukan desiminasi data dan memberikan pengetahuan tentang teknik pengumpulan data.

Acara pembukaan kuliah tamu ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh dekan fakultas agama islam (Bapak Dr. Muhammad Syafi’i, M.PdI) kemudian dilanjut pemaparan materi 1 dan 2 dengan narasumber 1 Bapak Agus Sutanto, S.ST dan narasumber 2 Bapak Nanang Khisbullah, S.Si., bertidak sebagai moderator pada acara ini adalah Ibu Nisa Ayunda, M.Si. selaku dosen Matematika Sains. Peserta dari kegiatan kuliah tamu ini adalah mahasiswa/i Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum (Unipdu)  prodi sistem informasi, matematika dan administrasi bisnis

Harapannya dengan dilaksanakannya kuliah tamu ini, dapat menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa tentang literasi data, dan bisa memperkuat hubungan kerjasama antara Unipdu dengan BPS Kabupaten Jombang.



Leave a Reply