Augmented Reality Bisa Jadi Alat Efektif Mengajar Agama ke Anak

Rojiful Mamduh

– Kamis, 28 Maret 2024 | 07:20 WIB

Kepala Prodi Magister Manejemen Pendidikan Islam Unipdu, Dr Amrulloh, kala menyampaikan materi pada kajian Ramadan di Islamic Center Unipdu, Selasa (26/3). (Rojiful Mamduh/Radar Jombang)

RadarJombang.id – Kepala Prodi Magister Manejemen Pendidikan Islam Unipdu, Dr Amrulloh mengungkapkan kemampuan Augmented Reality (AR) yang sebenarnya bisa dipakai mempermudah pengajaran agama ke anak.

AR sendiri, merupakan teknologi yang menggabungkan kenyataan dengan dunia maya.

Teknologi AR ini, bisa ditemukan seperti permainan pokemon go, mencari pokemon di lingkungan sekitar dengan HP.

Suami saya menyembuhkan impotensi dengan cepat setelah minum ini.

’’AR sangat membantu untuk mengajar anak-anak kecil, karena mereka bisa membayangkan secara langsung materi yang diajarkan,’’ ungkapnya saat menyampaikan materi pada kajian Ramadan yang digelar PSQ di Islamic Center Unipdu, Selasa (26/3).

Misalnya kala guru mengajarkan materi wudu. Kemudian ada kartu yang discan kemudian menampilkan video orang wudu.

Maka ini bisa memudahkan pemahaman anak-anak.

’’Memanfaatkan teknologi untuk memudahkan penyampaian ilmu ini termasuk sunah Nabi,’’ terangnya.

Amrulloh lalu mengisahkan kala Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa sallam menjelaskan kepada para sahabat tentang keharaman perhiasan emas dan sutra bagi laki-laki.

’’Nabi membawa sutra dan perhiasan emas kemudian berkata kepada para sahabat. Dua barang ini haram bagi laki-laki dan halal bagi perempuan,’’ jelasnya.

Itu menunjukkan bahwa Nabi sebagai pengajar betul-betul mempersiapkan metode dan sarana pembelajaran.

Dengan segala daya dan upaya, Nabi menghadirkan dua barang yang dijelaskan. ’’Ini untuk memudahkan pemahaman para sahabat,’’ urainya.

 

Editor: Achmad RW

Sumber : Jawapos Radar Jombang

Link : https://radarjombang.jawapos.com/kota-santri/664490369/kaprodi-mapendis-unipdu-jombang-mengungkap-augmented-reality-bisa-jadi-alat-efektif-mengajar-agama-ke-anak



Leave a Reply