Semua Ibadah Bermanfaat Kesehatan

Semua Ibadah Bermanfaat Kesehatan

3 April 2023 06:40 AM

Ketua Lembaga Kesehatan PBNU, Dr dr Zulfikar As’ad MMR, saat menyampaikan materi pada kajian Ramadan di Islamic Center Unipdu, Sabtu (1/4).

JOMBANG – Ketua Lembaga Kesehatan (LK) PBNU, Dr dr HM Zulfikar As’ad MMR, menjelaskan pentingnya sungguh-sungguh dalam melaksanakan ibadah. Menurutnya, pasti ada rahasia, manfaat dan kebaikan di setiap perintah ibadah.

’’Semua ibadah punya manfaat kesehatan,’’ tutur direktur RS Siti Hajar Sidoarjo ini saat menyampaikan materi pada kajian Ramadan yang digelar PSQ di Islamic Center Unipdu, Sabtu (1/4).

Ketua asosiasi RS NU (Arsinu) pusat ini menjelaskan, manusia diciptakan untuk ibadah. Sebagaimana ditegaskan dalam QS Azzariyat 56 dan QS Albayinah 5. ’’Ada ibadah mahdoh yang langsung dengan Allah SWT. Ada ibadah gairu mahdoh yang meliputi semua aktivitas yang diawali bismilah dan diniati karena Allah SWT,’’ terang wakil rektor Unipdu ini.

Ibadah mahdoh contohnya salat dan puasa. ’’Salat itu seperti senamnya orang Islam. Orang yang bisa salat normal, menunjukkan kesehatannya normal. Orang stroke tidak bisa mengangkat tangan takbiratul ihram,’’ jelasnya. Duduk tahiyat awal dan tahiyat akhir hanya bisa dilakukan orang sehat. Sehingga dengan salat, kita mendapat manfaat menjaga kesehatan.

’’Manfaat puasa juga sangat banyak dalam kesehatan,’’ tegasnya. Diantaranya, mencegah penyakit degenaratif alias yang disebabkan ketuaan. ’’Belum pernah ada ceritanya seseorang sakit akibat puasa. Justru semakin lama, makin banyak penelitian ilmiah yang menunjukkan manfaat puasa untuk terapi kesehatan,’’ tandasnya. (jif/naz/riz)

 

Editor : Achmad RW

Sumber : Jawapos Radar Jombang

Link : https://radarjombang.jawapos.com/kota-santri/03/04/2023/semua-ibadah-bermanfaat-kesehatan/



Leave a Reply