Jangan Menilai Keikhlasan Orang!

Jangan Menilai Keikhlasan Orang!

1 April 2023 07:05 AM

Ketua MUI Jombang, KH Cholil Dahlan, saat menyampaikan materi pada kajian Ramadan di Islamic Center Unipdu, Kamis (30/3).

JOMBANG – Ikhlas termasuk salah satu rahasia dari rahasia-rahasia Allah SWT. Karenanya, tak ada indikator yang bisa memastikan seseorang bisa menilai keihlasan nilai ibadah manusia lainnya.

’’Makanya kita jangan menilai seseorang ikhlas atau tidak,’’ kata Pengasuh PP Darul Ulum Rejoso, KH Cholil Dahlan, saat menyampaikan materi pada kajian Ramadan yang digelar PSQ di Islamic Center Unipdu, Kamis (30/3).

Ketua MUI Jombang Jombang ini cerita, ketika kita wafat, amal kita akan dibawa malaikat hafazah naik ke langit. ’’Langit itu ada tujuh tingkat. Tiap tingkat dijaga malaikat,’’ jelasnya.

Pada langit pertama, malaikat menolak amalan orang yang suka mengumpat. Di langit kedua, malakait menolak amalan orang yang mengharap dunia.

Di langit ketiga, malaikat menolak amal orang yang sombong. Di langit keempat, malaikat menolak amal orang yang ujub atau membanggakan diri sendiri. Di langit kelima, malaikat menolak amal orang yang hasud alias iri dengki. Tidak suka orang lain dapat nikmat.

Di langit keenam, malaikat menolak amal orang yang tidak pernah mengasihani orang lain. Bahkan dia senang ketika ada orang ditimpa musibah. Di langit ketujuh, malaikat menolak amal orang yang riya atau pamer.

Amal yang berhasil lewat, akan sampai kepada Allah SWT untuk diteliti kadar ikhlasnya. ’’Malaikat saja tidak bisa menilai ikhlas. Yang bisa menilai hanya Allah SWT,’’ terangnya.

Agar ikhlas, kita harus mengerjakan amal ibadah dengan memenuhi syarat, rukun dan sunah-sunahnya. Juga dikerjakan secara istiqamah. Makanya salah satu ciri orang bertakwa yang disebut dalam QS Ali Imron 134 yakni sedekah di waktu lapang maupun sempit. ’’Sedekahnya terus menerus dan istiqamah sehingga ikhlas,’’ ungkapnya. (jif/naz/riz)

 

Editor : Achmad RW

Sumber : Jawapos Radar Jombang

Link : https://radarjombang.jawapos.com/kota-santri/01/04/2023/jangan-menilai-keikhlasan-orang/



Leave a Reply