Orang Tua Bikin Anak Kecanduan HP

Orang Tua Bikin Anak Kecanduan HP

30 March 2023 07:20 AM

Dr H Nasruddin MKes saat menyampaikan materi pada kajian Ramadan di Islamic Center Unipdu, Selasa (28/3).

JOMBANG – Banyak orang tua mengeluh anaknya tak bisa dipisahkan dari HP. Padahal yang memicu si anak kecanduan HP adalah orang tua itu sendiri.

’’Sejak balita anak diberi solusi pegang HP. Sehingga akhirnya HP yang penting,’’ kata Dr H Nasruddin MKes saat menyampaikan materi pada kajian Ramadan yang digelar PSQ di Islamic Center Unipdu, Selasa (28/3).

Anak nangis biar diam diberi HP. ’’Di rumah ada tamu, agar anak tidak rewel, diberi HP. Akhirnya anak kecanduan HP,’’ terangnya.

Padahal ini dampaknya sangat buruk. Bisa membuat anak terasing dari lingkungan sosial. ’’Ada orang lain pun tidak dianggap. Dia sibuk sendiri dengan HP-nya,’’ ucapnya.

Yang lebih bahaya, anak kemudian menjadikan media sosial sebagai kebutuhan utama. ’’Rela tidak makan demi medsos,’’ ungkapnya.

Ini membuat anak rentan menjadi korban bullying di medsos. ’’Sekarang ini 90 persen bullying itu di medsos. Istilahnya cyber bullying. Angkanya 55 persen di ig dan 38 persen di fb,’’ bebernya.

Anak harus disadarkan bahwa medsos hanya hiburan, bukan kebutuhan. ’’Sebab mayoritas di medsos itu bohongan,’’ ujarnya.

Makanya anak harus dikuatkan nilai spiritualnya. Dikuatkan komunikasinya dengan siapapun. Serta dikuatkan struktur sosialnya. ’’Misalnya di keluarga, maka harus sering saling menyapa dan ngajak ngobrol satu sama lain,’’ urainya. (jif/naz)

 

Editor : Achmad RW

Sumber : Jawapos Radar Jombang

Link : https://radarjombang.jawapos.com/kota-santri/30/03/2023/orang-tua-bikin-anak-kecanduan-hp/  



Leave a Reply