Rezeki Tidak Kalkulatif

Rezeki Tidak Kalkulatif

28 March 2023 07:00 AM

Rektor Unipdu Prof Dr KH Ahmad Zahro saat menyampaikan materi pada kajian Ramadan di Islamic Center Unipdu, Minggu (26/3).

 

JOMBANG – Rektor Unipdu, Prof Dr KH Ahmad Zahro, mengajak mengutamakan hati dibanding akal. Termasuk dalam melihat rezeki.

’’Rezeki itu tidak kalkulatif, tapi perspektif. Makanya yang penting berkah,’’ tuturnya kala menyampaikan materi pada kajian Ramadan di Islamic Center Unipdu, Minggu (26/3).

Prof Zahro lalu cerita pemilik pabrik di Korea yang bunuh diri. Serta 36 persen kematian di Amerika yang disebabkan bunuh diri. ’’Secara kalkulator mereka kaya, tapi secara hati tidak,’’ bebernya.

Agar bisa mengutamakan hati, maka iman dan takwa harus kuat. Salah satunya dipupuk melalui puasa. Dalam hal muamalah, harus mengutamakan akad dan maslahat atau membawa manfaat kebaikan. ’’Ciri riba yang dilarang itu ada tiga,’’ terangnya.

Pertama mencekik atau memberatkan. Kedua tidak ada tolong menolong. Ketiga bersifat perorangan. ’’Transaksi bank, transaksi nyata maupun di dunia maya, asal membawa kebaikan dan tidak mengandung unsur merugikan orang lain dan tipu-tipu, maka hukumnya boleh,’’ tegasnya. (jif/naz/riz)

 

Editor : Achmad RW

Sumber : Jawapos Radar Jombang

Link : https://radarjombang.jawapos.com/kota-santri/28/03/2023/rezeki-tidak-kalkulatif/



Leave a Reply