Kesejatian Persahabatan

Kesejatian Persahabatan

27 March 2023 07:50 AM

Kolom Gus Zuem, sebuah tulisan dari KH Zaimudin As’ad

Manakala kita duduk di singgasana, akan banyak sekali orang yang menyahabati kita, bahkan mengaku sebagai saudara. Namun, begitu singgasana itu melayang, mereka pun enggan menemui kita, meski sekedar untuk bersalaman. Siapa mereka itu… Orang yang melihat persahabatan sebagai sebuah perdagangan, untung-rugi, tanpa hati.

Beda dengan kita yang melihat persahabatan sebagai lahan untuk memetik berkah dari pohon silaturrahim. Kita bisa bersahabat dengan siapa saja yang dengan senang hati mau menerima kita apa adanya. Kita pun bisa menerima mereka apa adanya dengan kelebihan dan kekurangannya. Dengan kegembiraan dan kesedihannya. Dengan kemudahan dan kesulitannya. Dengan kebahagiaan dan permasalahannya. Itulah persahabatan sejati.

Nah… dalam rangka pembelajaran saya untuk menjadi sahabat sejati, dua tahun lalu (2017, Red), saya kunjungi sahabat di Lapas Jombang. Kemudian Oktober lalu (2019), saya ke Andy Malarangeng. Beberapa waktu lalu (2019), saya berkunjung ke pak Nyono mantan Bupati Jombang. Tidak di pendopo tapi di Rutan Kejati Jatim.

Indahnya persahabatan. Suka dan duka dirasakan bersama. Tidak hanya saat bersyukur, tapi juga saat beristighfar. Karena tak satupun dari kita yang bersih dari salah dan dosa..

Innalillahi wa innailihi rajiun. Telah berpulang ke rahmatullah, Sabtu (25/3/2023) bapak H Nyono Suharli Wihandoko Bupati Jombang periode 2013-2018. Semoga kesalahannya diampuni dan amal ibadahnya diterima Allah SWT, serta wafat dalam keadaan husnul khatimah. aamiin Ya Robbal’alamin. (*)

 

Editor : Achmad RW

Sumber : Jawapos Radar Jombang

Link : https://radarjombang.jawapos.com/opini/27/03/2023/kesejatian-persahabatan/



Leave a Reply