Khasiat Titipan Allah

KH Zaimuddin Wijaya As’ad (Gus Zuem)
17 October 2022 06:01 AM

Khasiat Titipan Allah

DALAM kitab Fathul Majid, Syekh Nawawi al-Bantani mengisahkan bahwa suatu hari, Nabi Musa mengadukan sakit gigi yang dideritanya kepada Allah secara personal, hanya dia dan Allah yang tau.

Beda dengan yg dilakukan orang-orang sekarang, sakit mules saja mengadunya ke Facebook. Akibatnya sedunia jadi tau…hehehe.

Allah kemudian memerintahkan Nabi Musa untuk mengambil beberapa helai rumput di suatu padang. “Letakan rumput itu ke gigimu yang nyeri,” seru Allah kepada Nabi Musa. Setelah mengikuti perintah Allah, sakit gigi Nabi penerima Taurat itu pun reda dan sembuh.

Setelah beberapa waktu berlalu, sakit giginya kembali kambuh. Tanpa mengadu kepada Allah terlebih dahulu, Nabi Musa langsung menuju padang rumput yang pernah didatanginya itu.

Dia lantas mengobati giginya seperti yang pernah dilakukannya. Namun, alihalih sembuh, sakit giginya justru semakin parah. Kemudian, Nabi Musa bermunajat kepada Allah SWT. “Tuhanku, bukankah Engkau memerintahkanku dan menunjukkan kepadaku untuk pengobatan dengan rumput ini?,” tanya Nabi Musa.

Allah lantas menjawab, “Aku-lah penyembuh. Aku-lah pemberi kebaikan. Aku-lah yang mendatangkan mudharat dan Aku pula yang mendatangkan kemaslahatan. Pada sakitmu yang pertama, kau mendatangi-Ku dan karenanya Aku sembuhkan penyakitmu. Tetapi, kali ini kau langsung mendatangi rumput itu, bukan mendatangi-Ku.”

Kalau dilanjutkan… “Memangnya kamu kira rumput itu yang menyembuhkanmu, tumbuh-tumbuhan itu, obat-obatan itu…..?!”. Kalau dipanjangkan lagi… “vaksin-vaksin itu, dokter-dokter spesialis itu.. apalagi orang-orang yang merasa pintar itu…?!”

Hehehe…. kisah di atas saya angkat, untuk mengurangi kekhawatiran saya pada kesalahan kita menyandarkan hati pada makhluk atas kesembuhan dari penyakit yang kita derita.

Kesalahan kita dalam menyandarkan hati, bisa membuat kita menerima teguran dari Allah berupa tak dilenyapkannya sakit itu, sebagaimana yang dialami Nabi Musa AS.

Maka, ketika sekarang viral di medsos khasiat kunyit, daun kelor, ciplukan, daun kemangi bahkan kulit manggis dalam mengobati aneka penyakit, ingatlah bahwa Allah-lah yang menitipkan khasiat itu pada tumbuh-tumbuhan tersebut.

Untuk itu, sebelum meminum atau menelan apa pun yang kita maksudkan sebagai obat, mengadu atau mohonlah pada Sang Pemberi Kesembuhan : “Ya Allah, jadikanlah apa yang saya minum ini perantara (wasilah) penyembuhan-Mu atas penyakitku.. bismillahirromaanirrahiim…”

Kalau sudah begitu, apa pun yang kita minum bisa menjadi obat, atas izin-Nya.. percaya dan yakinlah. Termasuk kopi honeylatte yang saya minum sendirian ini. Sambil menunggui tas & laptop seseorang di sana..Hehehe. (*)

Editor : Achmad Riza Wadullah

Sumber : Jawapos Radar Jombang

Link : https://radarjombang.jawapos.com/kota-santri/17/10/2022/khasiat-titipan-allah/



Leave a Reply