Perpustakaan Unipdu

Jadikan Medsos Ladang Ibadah

Jadikan Medsos Ladang Ibadah

27 April 2022 08:02 AM

JOMBANG – Media sosial (medsos) tak ubahnya alat. Baik buruknya tergantung manusia sebagai penggunanya. ’’Kalau dipakai menyebarkan kebaikan, medsos bisa menjadi ladang pahala. Sebaliknya, kalau dipakai menyebarkan kejelekan, medsos akan menjadi jurang dosa,’’ kata Dr KH Ali Muhsin saat menyampaikan kajian Ramadan yang digelar Pusat Studi Alquran (PSQ) di Islamic Center Unipdu, Senin (25/4).

Ali Muhsin lantas mengajak menjadikan medsos sebagai lahan beribadah dan beramal jariyah. ’’Caranya, sebarkanlah hal-hal yang positif dan optimistis di medsos,’’ ujarnya. Misalnya, dengan menulis kata-kata indah; Putus cinta bukanlah akhir dari segalanya. Putus darimu adalah cara Allah menyelamatkanku. Penolakanmu adalah cara Allah membimbingku untuk menemukan yang lebih baik darimu.

’’Kata-kata positif seperti itu, bisa membuat orang yang awalnya mau bunuh diri karena patah hati menjadi batal bunuh diri,’’ jelasnya. Itu berarti kita sudah berkontribusi menyelamatkan nyawa manusia. ’’Sekarang ini, anak muda yang bunuh diri karena putus cinta itu banyak,’’ bebernya.

Dia menegaskan,  setiap postingan positif kita dibaca orang, kita akan terus dapat kiriman pahala. Walaupun kita telah meninggal dunia.

Sebaliknya, setiap postingan negatif kita dibaca orang, kita akan terus dapat kiriman dosa. Meskipun kita telah meninggal dunia.

– Advertisement –

Editor : M Nasikhuddin

Sumber : Jawapos Radar Jombang

Link : https://radarjombang.jawapos.com/kota-santri/27/04/2022/jadikan-medsos-ladang-ibadah/

Exit mobile version