Perpustakaan Unipdu

Puasa untuk Terapi Penyakit

Puasa untuk Terapi Penyakit

26 April 2022 08:08 AM4

JOMBANG – Banyak manfaat yang kita peroleh dari ibadah puasa. Termasuk manfaat dari sisi kesehatan. ’’Puasa bisa menjadi terapi untuk penyakit apapun,’’ kata Wakil Rektor Unipdu, H Achmad Zakaria MKes, saat menyampaikan kajian Ramadan yang digelar Pusat Studi Alquran (PSQ) di Islamic Center Unipdu, Minggu (24/4).

Zakaria menjelaskan, sampai pukul 10.00 pagi, yang dibakar tubuh kita berasal dari makan sahur. ’’Setelah itu, yang dibakar tubuh kita berasal dari cadangan energi dalam tubuh,’’ terangnya. Sumbernya, lemak-lemak jahat yang ada dalam tubuh. ’’Selama puasa, sistem tubuh kita secara otomatis menghancurkan sel-sel jelek yang ada dalam tubuh,’’ jelasnya.

Makanya selama puasa, kita dianjurkan tidak mengurangi aktivitas. Bahkan kita tetap harus olahraga selama puasa. ’’Hanya saja waktu olahraganya diganti menjadi jelang buka,’’ sarannya.

Olahraga pagi membakar energi makan sahur. Sedangkan olahraga jelang buka, membakar lemak-lemak jahat.

Dia juga menyarankan agar tidak mengawali buka dengan es. ’’Perbedaan suhu yang tinggi membuat saluran nafas gampang luka,’’ ucapnya.

Hormon bahagia membuat tubuh bisa menyembuhkan secara otomatis. Zakaria lalu cerita tenaga kerja wanita (TKW) yang kerja di Turki.  Juragannya sudah divonis kanker. TKW ini kerjanya rajin namun di kamar mandinya lama. Ternyata dia baru melahirkan dan air susunya sakit ketika tidak dikeluarkan. Makanya di kamar mandi lama karena dia membuang air susunya. Mengetahui hal itu, juragannya tadi lantas menyuruhnya balik ke Indonesia. Dan memberinya upah penuh sesuai kontraknya bekerja dua tahun. Meski dia baru bekerja beberapa bulan.

Baca Juga :  Ramadan akan Mengubah Hidupmu

’’Kebaikan dan kedermawanan yang dilakukan juragannya itu membuat hormon bahagianya meningkat,’’ jelasnya. Sehingga ketika diperiksa ulang, kanker dalam tubuhnya sudah tidak ada.

Editor : M Nasikhuddin

Sumber : Jawapos Radar Jombang

Link : https://radarjombang.jawapos.com/kota-santri/26/04/2022/puasa-untuk-terapi-penyakit/

Exit mobile version