Perpustakaan Unipdu

Puasa Membuat Imun Kuat

Puasa Membuat Imun Kuat

21 April 2022 07:41 AM

JOMBANG – Puasa membuat imun atau daya tahan tubuh kuat. Sehingga orang yang berpuasa tubuhnya lebih tahan dari penyakit. ’’Puasa membuat hormon dan metabolisme tubuh kita normal,’’ kata  Ketua gugus tugas Covid-19 Unipdu, Dr Nasruddin MKes, saat menyampaikan kajian Ramadan yang digelar Pusat Studi Alquran (PSQ) di Islamic Center Unipdu, Selasa (19/4).

Manusia punya dimensi fisik, kejiwaan, sosial dan spiritual. Keempatnya ini saling terkait satu sama lain. Nasruddin lalu mencontohnya orang yang biasa sarapan pagi pukul 07.00. ’’Orang seperti itu, kalau tidak berpuasa, pukul 08.00 pasti sudah lapar,’’ jelasnya. Ini karena fisik dan jiwanya sudah bersiap makan sejak pukul 07.00.

’’Namun orang yang malamnya niat puasa, pasti pukul 08.00 belum terasa lapar,’’ bebernya. Ini karena fisik dan jiwanya sejak malam sudah terkondisikan untuk berpuasa.

Inilah sebabnya, banyak cerita orang yang sakit maag, ketika puasa maagnya tidak kambuh. Ini karena kekuatan niatnya berpuasa, membuat fisik dan jiwanya menyesuaikan. Sehingga sakit yang biasa kambuh, menjadi tidak kambuh.

Asal kita yakin, sakit apapun bisa sembuh dengan berpuasa. Rasulullah Muhammad sallallahu alaihi wa sallam bersabda; Berpuasalah niscaya kamu akan sehat.  Pada QS Albaqarah 184, Allah subhanahu wa ta’ala membolehkan orang sakit tak berpuasa. Namun diakhir ayat Allah SWT menegaskan, berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Ini menegaskan bahwa puasa bisa berfungsi sebagai terapi agar kita sehat. Namun terapi ini hanya berlaku bagi orang yang beriman.

 

Editor : ROJIFUL MAMDUH

Sumber : Jawapos Radar Jombang

Link : https://radarjombang.jawapos.com/kota-santri/21/04/2022/puasa-membuat-imun-kuat/

Exit mobile version