Santri Harus Mampu Menjawab Tantangan Zaman

Santri Harus Mampu Menjawab Tantangan Zaman

15 April 2022 05:36 AM

 

JOMBANG – Setiap zaman pasti punya nilai plus dan minus. Sekaligus punya tantangan masing-masing. ’’Santri harus mampu menjawab tantangan dakwah di setiap zaman,’’ kata Wakil Rektor III Unipdu, HM Zahrul Azhar MKes (Gus Han), saat menyampaikan materi pada kajian Ramadan yang digelar Pusat Studi Alquran (PSQ) di di Islamic Center Unipdu, Rabu (13/4).

Sekarang era digital. ’’Maka santri harus bisa memanfaatkan teknologi untuk berdakwah,’’ sarannya.

Gus Han menyatakan, teknologi  membawa dampak pada tiga hal. Pertama, mematikan fisik. Dulu orang membajak sawah, menanam dan memanen padi secara manual. Sekarang, semua itu bisa digantikan traktor dan mesin tanam serta panen.

Kedua, teknologi mematikan jarak. Sekarang ini, kita bisa terhubung dengan orang dimanapun dan kapanpun. Untuk beli sesuatu, dulu harus datang ke toko. Sekarang cukup diam di rumah, barangnya bisa datang sendiri.

Ketiga, teknologi mematikan otak manusia.  ’’Memori HP menggantikan memori manusia menyimpan nomor kontak,’’ ucapnya mencontohkan.

Namun semua itu tak boleh menurunkan aktivitas dakwah. ’’Dakwah kita jangan sampai turun karena era digital,’’ pesannya. ’’Di era tiktok, kita harus bisa berdakwah dengan memanfaatkan tiktok,’’ tambahnya.

– Advertisement –

Editor : Rojiful Mamduh

Sumber : Jawapos Radar Jombang

Link : https://radarjombang.jawapos.com/kota-santri/15/04/2022/santri-harus-mampu-menjawab-tantangan-zaman/



Leave a Reply