Perpustakaan Unipdu

Puasa Melatih Zikir Siri

Puasa Melatih Zikir Siri

13 April 2022 07:25 AM

 JOMBANG – Puasa adalah ibadah yang paling panjang. Sekaligus zikir yang paling panjang. ’’Zikir yang paling bagus untuk lahir dan batin kita adalah zikir siri. Puasa ini diberikan Allah kepada kita untuk melatih zikir siri,’’ kata Pengasuh PP Darul Ulum Rejoso sekaligus Ketua MUI Jombang, KH Cholil Dahlan, pada kajian Ramadan yang digelar Pusat Studi Alquran (PSQ) Unipdu di Islamic Center Unipdu, Senin (11/4).

Kiai Cholil menjelaskan, salat kita rata-rata hanya lima menit. Sedangkan puasa kita selama 13 jam. Mulai Subuh hingga Magrib. Selama puasa, kita pasti zikir atau ingat kepada Allah subhanahu wa ta’ala. ’’Kalau tidak ingat Allah, pasti mokel,’’ tegasnya.

Puasa membuat kita selalu ingat Allah dalam kondisi berdiri, duduk dan berbaring sehingga tidak mokel.  Ini membuat kita menjadi ulul albab alias orang yang otaknya sehat.

’’Orang yang otaknya sehat itu kalau amal mudah ikhlas,’’ terangnya. Sedekah gampang ikhlas karena ingat yang memberi rezeki itu Allah. Yang memberi sehat itu Allah. Yang memberi hidup juga Allah. ’’Agar gampang ikhlas, harus istiqamah. Sedekahlah tiap hari, pasti cepat ikhlas,’’ tandasnya.

Orang yang selalu ingat Allah, kalau ikhtiar pasti maksimal. Karena sadar bahwa manusia diperintah Allah berusaha. ’’Setelah usaha, dia gampang tawakkal, karena yang menentukan hasil adalah Allah subhanahu wa ta’ala,’’ tegasnya.

Setelah tawakkal, dia akan rida dengan apapun pemberian Allah subhanahu wa ta’ala. ’’Tanda Allah rida kepada kita adalah kita rida kepada Allah,’’ tegasnya. Sebagaimana ditegaskan dalam QS Albayinah 8.  Allah rida terhadap mereka dan merekapun rida kepada-Nya.

– Advertisement –

Editor : Rojiful Mamduh

Sumber : Jawapos Radar Jombang

Link : https://radarjombang.jawapos.com/kota-santri/13/04/2022/puasa-melatih-zikir-siri/

Exit mobile version