Jual Beli Tak Boleh Merugikan

Jual Beli Tak Boleh Merugikan

11 April 2022 17:08 PM

 TEGAS: Rektor Unipdu, Prof Dr Ahmad Zahro, saat menyampaikan materi dalam kajian Ramadan di Islamic Center Unipdu, Sabtu (9/4).

JOMBANG – Prinsip utama dalam jual beli adalah saling rida antara penjual dan pembeli. Barang atau jasa yang diperjualbelikan juga tidak haram. Harganya juga disepakati oleh penjual dan pembeli. ’’Asal penjual dan pembeli sepakat dengan harganya, produknya juga tidak haram, maka hukum jual belinya halal. Baik itu online maupun offline,’’ kata Rektor Unipdu, Prof Dr Ahmad Zahro, saat menyampaikan materi dalam kajian Ramadan yang digelar Pusat Studi Alquran (PSQ) Unipdu di Islamic Center Unipdu, Sabtu (9/4).

Prinsip itu sebagaimana ditegaskan dalam QS Annisa 29. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu.

Sedangkan Imam Ahmad bin Hambal menegaskan, tidak boleh ada unsur haram dalam sebuah transaksi. ’’Misalnya haji atau umrah pakai uang korupsi, maka itu haram,’’ tandasnya.

– Advertisement –

Editor : Rojiful Mamduh

Sumber : Jawapos Radar Jombang

Link : https://radarjombang.jawapos.com/kota-santri/11/04/2022/jual-beli-tak-boleh-merugikan/



Leave a Reply