Sejarah Perpus Unipdu

Sejarah berdirinya perpustakaan Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum tidak terlepas dengan sejarah berdirinya lembaga induknya yaitu Universitas Pesantre Tinggi Darul ‘Ulum (Unipdu) pada tahun 2001 oleh KH. Muh. As’ad Umar yang diresmikan oleh Wakil Presiden ke 9 Bapak Hamzah Haz.

Unipdu berada dalam satu area di lingkungan Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Peterongan Jombang dan merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia dan telah menghasilkan lulusan-lulusan yang berperan penting di masyarakat baik di tingkat regional maupun nasional.

Unipdu yang merupakan merger dari salah satu sekolah dan akademik yang telah ada yaitu : STAI, AKPER,STIBA dan AKBID Darul ‘Ulum dan terdapat Fakultas sesuai kebutuhan sebagai Universitas. Pada Tahun 2001 Perpustakaan Unipdu mulai didirikan dan menempati gedung kampus utama lantai 1 dengan luas 9m x 9m dengan koleksinya sebanyak 1.200 judul dan 3.800 eksemplar, yang dikelola oleh satu orang kepala perpustakaan dan satu orang pustakawan. Pada tahun 2007 perpustakaan Akademik Keperawatan dan Akademik Kebidanan digabung dengan perpustakaan Pusat sehingga koleksinya bertambah menjadi 3.456 judul dan 9.660 eksemplar. Pada saat itu perpustakaan dialihkan ke lantai 2 gedung utama.

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 2341/AU/6/2011 perpustakaan pindah ke lantai 2 gedung Islamic Centre Unipdu dengan luas 1018.8 m2 dan dikelola oleh 1 orang kepala perpustakaan, 1 orang pustakawan dan 1 orang tenaga administrasi. Dengan bertambahnya mahasiswa maka koleksi di perpustakaan juga bertambah menjadi 12000 lebih eksemplar.

Pada tahun 2014 perpustakaan mengalami pergantian kepemimpinan dan penambahan SDM sehingga jumlah pengelola di perpustakaan Unipdu sebanyak 9 orang yang terdiri dari: 1 kepala perpustakaan yang berpendidikan sarjana sosial, 4 orang pustakawan dengan strata pendidikan 3 orang sarjana perpustakaan, 1 orang strata diploma tiga perpustakaan, 2 orang IT perpustakaan dengan latar pendidikan sarjana komputer, 2 orang staf administasi dengan latar pendidikan Sarjana Sastra dan sarjana Administrasi Bisnis. Penambahan SDM tersebut dikarenakan semakin tahun perpustakaan semakin berkembang dalam segi jumlah koleksi dan pengunjung. Saat ini koleksi buku yang dimiliki Perpustakaan Unipdu sebanyak 11137 judul, 18842 eksempar

Untuk Mengikuti perkembangan dunia teknologi informasi, pada awal tahun 2015 perpustakaan Unipdu menerapkan system informasi dengan software Slims (Senayan Library Information Manajemen System) dengan alamat http://www.digilib.unipdu.ac.id.

Pada Tahun 2015 sampai sekarang UPT Perpustakaan Unipdu telah mengembangkan sarana dan prasarananya seperti :

1, Hotspot Area, ditujukan bagi pengunjung civitas akademika untuk browsing internet dengan komputer dan laptop

2. Komputer Umum, Ditujukan untuk pengunjung civitas akademika yang tidak memiliki laptop

3. Langganan e-journal dengan alamat wesite search.proquest.com sampai sekarang

4. Bergabung dengan indonesia one search untuk pengembangan literasi informasi