Istiqamah Kunci Raih Lailatul Qadar

Istiqamah Kunci Raih Lailatul Qadar

25 April 2022 08:16 AM59

JOMBANG — Pada 10 hari terakhir Ramadan banyak orang berburu lailatul qadar. Rektor Unipdu, Prof Ahmad Zahro, memberikan resep agar meraih lailatul qadar. Kunci meraih lailatul qadar adalah istiqamah, tuturnya kala ngisi kajian Ramadan yang digelar Pusat Studi Alquran (PSQ) di Islamic Center Unipdu, Sabtu (23/4).

Orang yang di bulan Ramadan istiqamah berpuasa di siang hari dan menghidupkan malamnya dengan salat dan tadarus Alquran, pasti akan meraih lailatul qadar.

Pada kesempatan itu, Prof Zahro juga menjawab pertanyaan jamaah terkait hukum dana talangan haji. Apakah orang yang daftar haji dengan dana talangan itu termasuk dalam kategori mampu berhaji?

Karena setelah pulang haji, dia masih harus mencicil bayar hutang dana yang dipakai haji.

Proz Zahro menjelaskan, menurut Imam Syafii, makna mampu itu ada tiga. Punya bekal untuk perjalanan. Punya bekal untuk hidup selama haji. Dan punya bekal untuk keluarga yang ditinggalkan di rumah.

Sekarang ini, masa tunggu haji di Jawa Timur sudah 33 tahun. Daftar sekarang, berangkat tahun 2055.

Jika tidak segera daftar, maka masa tunggu kita akan semakin panjang. Nah, agar bisa segera daftar, sekarang bisa hutang dana talangan. Pihak pemberi dana talangan, pasti sudah menghitung kemampuan kita mengembalikan. Kalau kita dinilai mampu, maka ini termasuk mampu, jelasnya.

Kita sendiri, pasti juga bisa membuat kalkulasi kemampuan mengembalikan dana talangan itu. Kalau sesuai hitungan kita, bisa mengembalikan dana talangan itu, ya berarti sudah termasuk mampu, bebernya.

Editor : M Nasikhuddin

Sumber : Jawapos Radar Jombang

Link : https://radarjombang.jawapos.com/kota-santri/25/04/2022/istiqamah-kunci-raih-lailatul-qadar/



Leave a Reply