Memangnya Aku Ini Siapa?

Memangnya Aku Ini Siapa?

11 April 2022 17:13 PM

Oleh KH. Zaimuddin Wijaya As’ad, Pengasuh PP Darul Ulum Rejoso

 

Sobat hebatku terkasih. Setiap kita akan melakukan sesuatu, tentu ada harapan yang kita sematkan pada hasil perlakuan kita itu. Kita melakukan ini dengan harapan hasilnya begini, Kita melakukan itu dengan harapan hasilnya begitu. Kita pakai busana lengkap berjas dan berdasi, dengan harapan nanti panitia akan menempatkan kita di kursi VIP.

Kita pakai baju koko berpeci putih dan bersorban, dengan harapan nanti panitia akan mendudukkan kita di depan bersama para ulama. Sekecil apapun, tebersit harapan itu ada dalam hati manusia kebanyakan.

Tidak salah harapan-harapan  itu, meski tidak sepenuhnya baik. Hanya saja, harapan itu akan menjadi beban yang menyakitkan hati, manakala apa yg kita terima di luar ekspektasi..

Misalnya kita berharap ditempatkan di kursi VIP, ternyata oleh panitia,  kita yang berpenampilan perlente ini disilakan duduk di dekat sounds system atau pintu masuk..? Sakitnya tuh di sini. Mengapa rasa sakit di hati itu muncul..? Sebabnya adalah karena kita terlalu “menghargai” diri ini.

Bila rasa “menghargai” diri itu terus kita izinkan hadir di hati ini, lama kelamaan akan menggumpal jadi rasa takabur yg dapat merusak segala niat peribadatan kita. Maka..ada kiat sederhana untuk pupuskan rasa sakit hati ketika kita menerima perlakuan yang tidak sesuai harapan.

Bisikkan dalam hati: “memangnya aku ini siapa…?!!” Bisikan itu akan menenggelamkan keakuan dan keangkuhan kita dalam dasar samudera tawaddu’ sehingga kita bisa menikmati kenyataan yang kita terima dengan hati damai. Bisikan itulah yang sesungguhnya bisa kita tangkap dari syair Abu Nuwas tentang ketidakpantasannya masuk surga. Memangnya aku ini siapa..?

Semoga kita semua dijauhkan dari rasa sangat “menghargai diri” yang membuahkan rasa takabur, karena kita memang bukan siapa-siapa.

– Advertisement –

Editor : ROJIFUL MAMDUH

Sumber : Jawapos Radar Jombang

Link : https://radarjombang.jawapos.com/kota-santri/11/04/2022/memangnya-aku-ini-siapa/



Leave a Reply